Perhatikan potongan hadis riwayat at-Tirmidzi berikut! Kandungan dari hadis di atas yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari adalah?

Perhatikan potongan hadis riwayat at-Tirmidzi berikut! Kandungan dari hadis di atas yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari adalah?

  1. seorang muslim membiarkan tetangganya yang berlainan agama menjalankan aktivitas dan perayaaan hari besar keagamaannya
  2. seorang muslim ikut memeriahkan perayaan hari besar agama lain yang dianut temannya atas dasar toleransi menjaga persatuan
  3. seorang muslim ikut aktif di kampungnya melarang orang yang berbeda agama dengannya tinggal di kampung tersebut
  4. seorang muslim memaksa dengan berbagai cara orang yang berbeda agamanya supaya memeluk agama Islam
  5. seorang muslim membiarkan saudaranya menjalankan aktivitas kehidupannya walaupun bertentangan dengan aturan agama Islam

Jawaban yang benar adalah: A. seorang muslim membiarkan tetangganya yang berlainan agama menjalankan aktivitas dan perayaaan hari besar keagamaannya.

Dilansir dari Ensiklopedia, perhatikan potongan hadis riwayat at-tirmidzi berikut! kandungan dari hadis di atas yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari adalah seorang muslim membiarkan tetangganya yang berlainan agama menjalankan aktivitas dan perayaaan hari besar keagamaannya.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. seorang muslim membiarkan tetangganya yang berlainan agama menjalankan aktivitas dan perayaaan hari besar keagamaannya adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban B. seorang muslim ikut memeriahkan perayaan hari besar agama lain yang dianut temannya atas dasar toleransi menjaga persatuan adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban C. seorang muslim ikut aktif di kampungnya melarang orang yang berbeda agama dengannya tinggal di kampung tersebut adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. seorang muslim memaksa dengan berbagai cara orang yang berbeda agamanya supaya memeluk agama Islam adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. seorang muslim membiarkan saudaranya menjalankan aktivitas kehidupannya walaupun bertentangan dengan aturan agama Islam adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah A. seorang muslim membiarkan tetangganya yang berlainan agama menjalankan aktivitas dan perayaaan hari besar keagamaannya.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.