Perhatikan gambar di bawah ini!Enzim bekerja sangat dipengaruhi oleh pH dan suhu. Pernyataan yang paling tepat berkaitan dengan gambar di atas adalah?

Perhatikan gambar di bawah ini!Enzim bekerja sangat dipengaruhi oleh pH dan suhu. Pernyataan yang paling tepat berkaitan dengan gambar di atas adalah?

  1. pada suhu yang rendah laju reaksi kimia enzim akan sangat tinggi kemudian turun
  2. kenaikan suhu di atas suhu optimum dapat mengakibatkan peningkatan aktivitas enzim
  3. kenaikan pH di luar suhu optimum menyebabkan peningkatan aktivitas enzim
  4. pada suhu dan pH yang ekstrim enzim akan inaktif, bahkan bisa terjadi denaturasi
  5. Enzim yang terdenaturasi pada suhu ekstrim akan meningkat kemampuan katalisnya

Jawaban yang benar adalah: D. pada suhu dan pH yang ekstrim enzim akan inaktif, bahkan bisa terjadi denaturasi.

Dilansir dari Ensiklopedia, perhatikan gambar di bawah ini!enzim bekerja sangat dipengaruhi oleh ph dan suhu. pernyataan yang paling tepat berkaitan dengan gambar di atas adalah pada suhu dan pH yang ekstrim enzim akan inaktif, bahkan bisa terjadi denaturasi.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. pada suhu yang rendah laju reaksi kimia enzim akan sangat tinggi kemudian turun adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. kenaikan suhu di atas suhu optimum dapat mengakibatkan peningkatan aktivitas enzim adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. kenaikan pH di luar suhu optimum menyebabkan peningkatan aktivitas enzim adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban D. pada suhu dan pH yang ekstrim enzim akan inaktif, bahkan bisa terjadi denaturasi adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban E. Enzim yang terdenaturasi pada suhu ekstrim akan meningkat kemampuan katalisnya adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah D. pada suhu dan pH yang ekstrim enzim akan inaktif, bahkan bisa terjadi denaturasi.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.