Dalam proses perumusan UUD negara RI, BPUPKI menyelenggarakan sidang kedua. Sidang ini dipenuhi adu argumentasi dari setiap anggota. Walaupun begitu, setiap anggota kelompok mampu meredam emosi sehingga agenda utama bisa tercapai. Hal tersebut dibuktikan dengan?

Dalam proses perumusan UUD negara RI, BPUPKI menyelenggarakan sidang kedua. Sidang ini dipenuhi adu argumentasi dari setiap anggota. Walaupun begitu, setiap anggota kelompok mampu meredam emosi sehingga agenda utama bisa tercapai. Hal tersebut dibuktikan dengan?

  1. kesuksesan dalam memperluas wilayah tanah air sampai ke tanah Melayu dan Papua
  2. pernyataan kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945
  3. keberhasilan bangsa Indonesia merumuskan dan mengesahkan hukum dasar bagi Indonesia merdeka
  4. pengangkatan Ir. Sukarno dan Drs. Muhammad Hatta selaku presiden dan wakil presiden pertama Indonesia
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: C. keberhasilan bangsa Indonesia merumuskan dan mengesahkan hukum dasar bagi Indonesia merdeka.

Dilansir dari Ensiklopedia, dalam proses perumusan uud negara ri, bpupki menyelenggarakan sidang kedua. sidang ini dipenuhi adu argumentasi dari setiap anggota. walaupun begitu, setiap anggota kelompok mampu meredam emosi sehingga agenda utama bisa tercapai. hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan bangsa Indonesia merumuskan dan mengesahkan hukum dasar bagi Indonesia merdeka.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. kesuksesan dalam memperluas wilayah tanah air sampai ke tanah Melayu dan Papua adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. pernyataan kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. keberhasilan bangsa Indonesia merumuskan dan mengesahkan hukum dasar bagi Indonesia merdeka adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. pengangkatan Ir. Sukarno dan Drs. Muhammad Hatta selaku presiden dan wakil presiden pertama Indonesia adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. keberhasilan bangsa Indonesia merumuskan dan mengesahkan hukum dasar bagi Indonesia merdeka.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.